Selasa, 16 Juni 2009

MONEV PKM


banner kita...

Monitoring dan Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa atau yang biasa disingkat dengan Monev PKM 2009, yang kali ini berada di selasar gedung Fakultas Hukum. benar-benar berbeda dari tahun 2008 lalu. Pada tahun ini, saya dan teman-teman dari tim Fakultas Sastra membuat software CD Interaktif Bahasa Arab yang masuk dalam PKMM(Pengabdian Kepada Masyarakat). Yah, lumayan nyambung dengan jurusan yang dipelajari sekarang.

stand kami...itu org2 FIK yg lg pada Face bookan....
Soalnya pada tahun 2008 lalu, saya dan tim sastra membuat inovasi baru dengan membuat keramba sarang lebah yang masuk dalam PKMK (Kewirausahaan). Acara Monev kali ini dua kali lipat lebih besar dari tahun lalu, maklum saja karena proposal yang didanai Dikti di Unpad sekitar 140an proposal.
Konsepnya acaranya tidak jauh beda, dimana para peserta monev ditempatkan pada stand-stand dan diberi sebuah meja untuk memamerkan dan mempromosikan hasil karyanya. Dapat dibanyangkan dengan lebih 140 tim yang lolos, bagaimana kesibukan peserta dalam mendekorasi standnya masing-masing agar menarik perhatian pengunjung.
Monev ini dibuka langsung oleh bapak Rektor, Pak Ganjar Kurnia. Pembukaan berlangsung di Gd. Lt. 4 Rektorat Baru. Setelah dibuka, bapak rektor beserta rombongan turun untuk langsung menyidak stand-stand kami..

salah satu inovasi mhasiswa unpad, akuaponik....
inovasi mknan baru

saya dan kawan-kawan yang sudah memiliki pengalaman lebih dalam hal pameran, membuat suatu promosi kepada khayalak umum untuk mau mendatangi stand kami. promosi biasa menurut kami, dengan menampilkan beberapa gambar tokoh-tokoh arab yang terkenal seperti sadam husein, usamah dan lain-lain yang berbicara dengan bahasa arab, kemudian kami melemparkan pertanyaan Apakah kalian paham? kepada pengunjung. Jika tidak paham silahkan datang ke Stand no 12.
Rupanya promosi kami tidak disukai oleh orang-orang Birokrat Unpad. tanpa pemberitahuan sebelumnya mereka langsung menyobek papan pemberitahuan kami. Yah, saya mengerti Anjing itu memang lebih galak dari pada Tuannya.
Kejadiaan ini lumayan membuat down tim kami, tetapi kami tetap bersemangan dan terus mengikuti monev, kemudian di siang harinya. Tim kami mendapat jatah untuk presentasi urutan 3, sehingga saya dan kawan-kawan langsung mempersiapkan bahan presentasi untuk ditampilkan didepan penguji dari Dikti.

salah stu stand di monev unpad

Sebenarnya saya bukanlah ketua tim dari sastra, karena kebetulan ketua kami sedang terkena musibah, jadilah saya yang harus menggantikan beliau untuk presentasi. saya presentasi dengan lancar dan santai, walaupun disana ada kendala dimana laptop yang kami gunakan dalam presentasi nge HANG...bisa dibayangkan bingungnya ingin berbicara apa didepan...
gw preesentasi..
Selesai presentasi, kita yang memang kecewa dengan hal-hal yang terjadi dari pagi, ingin melepaskan kepusingan kita dengan berjalan-jalan mencicipi hasil2 PKM yang dibuat oleh Fakultas2 lain, yah itung-itung nyari buat di Tag...hehehehehe
Bgitu sajalah Monev 2009 berlangsung, seperti biasa dengan sepi tanpa kehadiran pengunjung yang dinanti natikan oleh kami penjaga stand,saya berpikir, maklumlah para birokrat sedang sibuk mengurusi banyak hal sehingga sosialisasi kepada mahasiswa kurang. selain itu monev masih meninggalkan banyak PR...
sperti :
1. Apakah Universitas tidak memberikan dana atau memberikan instruksi-instruksi kepada mahasiswa agar melanjutkan apa yang telah mereka kerjakan? sehingga ketika inovasi itu telah menjadi sempurna hasilnya dapat menjadi ciri khas Universitas?
2. Apakah hal2 yang baru ini hanya akan baru saja tahun ini, setelah itu akan hilang dan terlupakan?
Intinya kami sebagai mahasiswa ingin apa yang sudah kami buat bisa dihargai dan dijadikan maskot atau ciri khas unpad,,
dan saran saya pribadi, Unpad harusnya membuat semacam ruang pameran yang disana memamerkan produk mahasiswanya..
terimakasih...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar


ShoutMix chat widget